Kendaraan tambang, sebuah keajaiban tehnik di kawasan pertambangan, sudah menjadi tulang punggung industri ini.

Mereka beroperasi dalam skala besar dan menjadi lambang mutlak di lapangan. Dalam artikel ini, kami bakal menjelajahi beragam jenis dan peran krusial kendaraan tambang dalam industri batu bara yang disampaikan salah seorang dari perusahaan pen  Jual Dump Truck.

Jika Anda dulu mengunjungi kawasan pertambangan tentu Anda dulu lihat kendaraan tambang berukuran besar lantas lalang di wilayah tambang tersebut.

 Sebagai kendaraan operasional di kawasan pertambangan, tentu mobil-mobil yang digunakan didesain dengan ukuran yang cukup besar untuk menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan .

Mengapa Ukuran Kendaraan Tambang Sangat Besar?

Ukuran kendaraan tambang kebanyakan terlalu besar karena mereka dirancang untuk mengatasi beban yang terlalu berat dan suasana kerja berat di lingkungan tambang. Dengan mesin yang berkapasitas besar, tentu saja tenaga yang dihasilkan pun terlalu besar.

Maka demikian, kendaraan semacam itu mampu diandalkan di medan pertambangan yang menantang.

Ukurannya yang besar tentu mampu sebabkan banyak orang kagum. Bahkan saking besarnya, ada pula mobil tambang yang tingginya setara dengan tempat tinggal tiga lantai. Truk besar semacam ini termasuk terkadang melalui jalur raya untuk mengangkut berton-ton hasil tambang untuk dipindahkan ke daerah tujuan.

Jenis- Jenis dan Fungsi Kendaraan Sektor Tambang

Dari banyaknya jenis kendaraan yang digunakan untuk pertambangan, tersebut sebagian jenis kendaraan beserta kegunaan dari kendaraan opersional pertambangan.

1. Dump Truck

Ini merupakan alat berat yang kebanyakan digunakan untuk memindahkan material tambang dengan kuantitas yang terlalu banyak. Biasanya digunakan untuk memindahkan material layaknya pasir, batu, kerikil atau material hasil perombakan.

Umumnya, terdapat dua jenis dump truck yang seringkali digunakan yakni rigid rear dump trucks dan articulated dump trucks.

2. Underground Rock Drill Vehicle

Alat ini merupakan alat khusus yang mampu mempermudah pembangunan yang ditunaikan di daerah tambang bawah tanah. Peralatan ini mampu mengebor di kedalaman tanah yang dilengkapi oleh mesin bertenaga khusus. Biasanya digunakan untuk proyek penggalian dengan tingkat ada masalah yang cukup tinggi.

Kendaraan tambang satu ini setidaknya punya tiga jenis yang sering dipasarkan, yakni single, double dan three boom hydraulic pilot. Ketiganya tentu punya kegunaan dan berkwalitas tinggi dan terlalu berguna untuk alat pembantu tekhnis pengeboran jangka pendek.

3. Scraper

Ini merupakan alat berat yang kebanyakan digunakan di pertambangan untuk menghilangkan atau memindahkan kerikil, kotoran, beserta material lainnya.

Alat ini sebenarnya digunakan khusus untuk membersihkan permukaan tanah sehingga terbebas dari material yang tidak diinginkan. Bahkan alat ini mampu bekerja secara efisien dan efisien pada suasana tanah yang buruk atau keras.

Salah satu berlebihan dari alat ini adalah adalah kemampuannya untuk menghilangkan kotoran yang mampu bersifat tanah basah yang berada di permukaan. Berbeda dengan alat berat jenis lain yang mengharuskan para pekerja menunggu tanah basah tersebut kering khususnya dahulu untuk mampu beroperasi.

4. Bucket Wheel Excavator

Ini merupakan sebuah alat berat untuk pertambangan yang mampu terjadi secara konsisten menerus untuk penggalian dalam skala besar. Alat satu ini mampu mengganti material layaknya kerikil, bebatuan, tanah, dan material lain yang ada di pertambangan.

Bucket wheel excavator punya kapasitas galian hingga 20.000 m3/jam atau setara dengan 7.000 ton/jam. Pada sistem produksinya, alat ini kebanyakan terhubung dengan sistem cross pit spreader atau belt conveyor. Prinsip kerja alat ini yakni bucketnya bakal bekerja dan memindahkan material galian ke sistem belt conveyor.

Untuk penggunaannya sendiri, Anda mampu menyesuaikan dengan suasana lapangan. Misalnya, suasana lahan tambang tidak terlalu baik atau kesibukan pertambangan tergolong jarang, maka disarankan untuk memanfaatkan bucket wheel excavator dengan ukuran yang lebih kecil.

Namun jika lahan tambang lebih datar dan kesibukan tambang di sana lebih sering, maka mampu memanfaatkan yang ukurannya lebih besar.

5. Large Dozer

Alat satu ini merupakan tidak benar satu jenis kendaraan tambang bertipe traktor yang memanfaatkan rantai dan termasuk dilengkapi dengan blade di anggota depan. Kendaraan ini kebanyakan digunakan untuk pekerjaan menggali, menarik dan mendorong material yang ada di wilayah tambang.

Selain blade yang merupakan perlengkapan standar yang dimiliki kendaraan ini, ada pula perlengkapan tambahan lainnya yang biasa digunakan berupa:

Ripper, alat yang digunakan untuk membongkar material yang tidak mampu digali dengan memanfaatkan blade, kebanyakan dibutuhkan untuk pekerjaan pembuatan jalur atau pertambangan.

Winch, alat yang digunakan untuk menarik material. Alat ini seringkali digunakan untuk pekerjaan pengeluaran kayu yang ada di hutan.

Biasanya large dozer digunakan di pertambangan batu bara dan berguna untuk meratakan tanah, menumbangkan pohon ataupun menggali tanah pada waktu pembukaan lahan.

6. Dragline

Alat ini kebanyakan digunakan untuk menggali tanah dan termasuk memuat material. Power shovel-nya yang berkapasitas 2,5 cu-yd mampu diubah menjadi dragline. Caranya yakni dengan cara melewatkan boom shovel lantas menggantinya dengan boom dan bucket dragline.

Dragline merupakan kendaraan berukuran besar yang berguna sebagai pemindah material dalam kuantitas yang besar layaknya crawler tetapi mampu lebih efektif.

Dikarenakan pengikal talinya yang fleksibel, alat ini mampu jalankan tugasnya pada jarak dan termasuk kedalaman yang jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis mesin lainnya.

Anda kebanyakan bakal mendapatkan alat ini di pengerukan sungai karena sesuai untuk digunakan pada daerah yang penuh air atau berlumpur.

7. Crane

Ini merupakan tidak benar satu jenis alat yang mampu mengangkat dan memindahkan material dalam kuantitas banyak. Alat ini termasuk punya bentuk dan kebolehan mengangkat beban yang besar termasuk mampu berputar 360 derajat dengan jangkauan hingga puluhan meter.

Crane kebanyakan digunakan untuk pekerjaan proyek, perbengkelan, pergudangan, pelabuhan dan termasuk industri. Alat ini punya terdiri dari sebagian jenis yang diantaranya adalah tower crane, mobile crane, crawler crane, hoist crane, dan masih banyak lagi.

8. Manhauler

Jenis kendaraan tambang lainnya adalah manhauler yang merupakan kendaraan berat yang didesain untuk mampu mengangkut karyawan yang berada di daerah pertambangan. Alat ini dipilih karena bentuk sasis awalnya yang dimaksudkan untuk suasana medan yang berat.

Alat ini punya struktur rangka yang kuat dan sudah tersertifikasi roll over protection structure (ROPS). Lantai deknya memanfaatkan marine wood yang tahan pada air dilengkapi dengan adanya sistem pembuangan dan juga bodinya terbuat dari alumunium sehingga tidak berkarat dan mampu tahan lama.

9. Excavator

Ini merupakan tidak benar satu dari sekian banyak alat berat yang memanfaatkan tenaga diesel untuk mampu jalankan penggalian tanah. Bagian bucket yang terletak di anggota depan berguna untuk sebabkan lubang, galian, atau parit.

Penggalian memanfaatkan alat ini tentu sangatlah sesuai dengan industri pertambangan. Bucket yang berada di anggota depan pun mampu diganti-ganti dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan menyesuaikan bentuk bucket, maka nantinya penggunanya mampu jalankan beraneka jenis pekerjaan yang berbeda-beda.

Lain halnya dengan dengan jenis terdahulu, excavator keluaran teranyar mampu beroperasi dengan memanfaatkan sistem hidrolik sehingga bakal lebih gampang untuk dioperasikan. Sama layaknya alat-alat sebelumnya. 

By admin