Fakultas kedokteran masih menjadi jurusan paling diminati dikarenakan  menjadi jurusan yang benar-benar menjanjikan.

Tapi harus diketahui bahwa masuk di jurusan kedokteran tidaklah mudah, dan pasti tidak sebentar, dikarenakan seseorang yang akan menjadi dokter harus lewat sebagian tahapan Bimbel PPDS.

Selain finansial yang harus mencukupi, Mahasiswa jurusan fakultas kedokteran harus lewat beragam rangkaian proses yang panjang.

Berikut ini ulasan-ulasan tahapan yang harus kamu lewati terkecuali berminat menjadi Dokter yang dirangkum berasal dari beragam sumber.

1. Kuliah mengambil jurusan Kedokteran

Syarat yang paling utama adalah harus mengambil jurusan kuliah Kedokteran, hal ini adalah gerbang awal untuk menuju target utama Anda menjadi seorang dokter.

Perkuliahan dalam Jurusan kedokteran seperti terhadap umumnya, meraih teori dan praktek dan ujian-ujian spesifik yang tidak sama bersama dengan jurusan lainnya.

Jumlah kebanyakan SKS yang dibutuhkan untuk selesaikan kuliah kedokteran adalah 144 SKS, bersama dengan kala yang ditempuh merasa 3,5 Tahun hingga bersama dengan 7 Tahun.

setelah itu Anda akan harus selesaikan Tugas Akhir lantas Anda akan bergelar S.Ked, Namun hal ini tidak segera menjadikan Anda seorang Dokter.

2. Menjalani Koas

Menjadi lulusan berasal dari fakultas kedokteran pasti merasa bangga, Namun jikalau Anda dambakan melanjutkan menjadi seorang Dokter maka Anda harus laksanakan Koas, atau menjalani pendidikan Profesi Dokter.

Di langkah akhir koas nanti, Anda akan menjalani ujian Mini Clinical Evalution Exercise (mini CEX). Pada langkah ini, Anda akan diwawancara bersama dengan dokter preceptor, memeriksa suatu analisis, dan sebabkan resep obat untuk pasien.

Setelah lewat rangkaian Ujian Anda akan lagi ikuti wisuda dan berhak mendapat gelar Dokter (dr). perjuanganmu masih berlanjut ke langkah berikutnya.

3. UKDI atau Sertifikasi

Pada langkah ini, Anda harus ikuti ujian sertifikasi yang diselenggarakan segera oleh Kemristekdikti dan lembaga lainnya.

Contoh Instansi yang menyelenggarakan Konsil Kedokteran, Kementrian kesehatan, Asosiasi Pendidikan Dokter di Indonesia, hingga Konsil Kedokteran.

Pada Tahap ini ditujukan untuk meraih Sertifikat Kompetensi Dokter (SKD). Terdapat dua style tes yang harus diikuti, yaitu ujian tertera (CBT) dan praktek (OSCE).

Apabila Anda sukses lulus terhadap ujian sertifikasi ini, ANda lagi ikuti wisuda, lantas terhadap kala inilah Anda akan mengucapkan Sumpah Dokter.

Perjuangan masih lanjut ke langkah selanjutnya, menjadi persiapkan Anda bersama dengan baik sebelum kamu menjalani jaman tersebut.

4. Magang atau Internship

Masa internship dijalani selama 1 tahun, Anda akan bekerja segera di bawah pimpinan dokter senior dan udah meraih gaji dalam kuantitas tertentu.

Sesudah program ini usai, silahkan urus Surat Izin Praktek Jika dambakan membuka praktek sebagai dokter umum.

pada langkah ini, Anda udah boleh bekerja, biasanya menjadi dokter umum di Rumah Sakit atau Puskesmas.

5. Pendidikan Dokter Spesialis

Pada langkah ini, Apabila dambakan mendapat gelar dokter spesialis Anda harus menjalani studi lagi selama 4 – 5 tahun.

Pada langkah ini Anda sanggup memilih spesialisasi yang diminati, seperti kandungan, mata, bedah dan sebagainya.

By admin